Tips Aman Melakukan Perawatan Luka Kanker di Rumah

Tips Aman Melakukan Perawatan Luka Kanker di Rumah

Luka kanker atau yang dalam dunia kesehatan sering dikenal dengan istilah fungating malignant wound menjadi sebuah momok yang cukup menakutkan bagi para penderita kanker. Jaringan kanker yang sangat rapi tersebut seringkali dapat menimbulkan luka pada pasien kanker dan luka tersebut biasanya akan sulit sekali untuk sembuh. Biasanya, karena luka kanker yang sulit sembuh tersebut kualitas hidup seseorang yang mengalaminya akan ikut menurun. Itulah mengapa, melakukan perawatan pada pasien kanker menjadi tugas yang bisa dibilang cukup berat dan menantang bagi para perawat. Dan biasanya, para pasien kanker yang sudah masuk dalam stadium lanjut akan diminta untuk melanjutkan perawatan luka kanker di rumah.

Nah, apabila ada salah satu anggota keluarga Anda yang memiliki luka dan disebabkan oleh kanker, maka penting bagi perawat untuk tahu bagaimana cara untuk merawat luka tersebut dan tetap membuat pasien merasa nyaman serta tidak terganggu. Selain itu, perawat juga harus berusaha memberikan dorongan semangat pada pasien. Supaya pasien bisa menerima luka mereka dan hidup seperti biasa layaknya orang lain yang masih sehat. Karena toh, mereka pun masih dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan nyaman dan tidak terganggu. Dan yang terpenting, pasien diharapkan bisa tetap menjalani hidup berkualitas meski mengidap dan memiliki luka yang disebabkan oleh kanker.

Biasanya, sel kanker memang sangat mudah sekali tumbuh di manapun pada bagian tubuh manusia. Seperti contohnya adalah pada bagian perut, dada, leher, kepala sampai dengan kulit. Dan beberapa ciri yang ditimbulkan oleh luka kanker adalah seperti proliferasi atau tumbuhnya sel ganas yang dimiliki oleh kanker, bentuknya akan sangat menonjol, tidak dapat digerakkan dan bentuknya sangat menyerupai jamur. Di bawah ini adalah beberapa cara melakukan perawatan luka kanker di rumah :

  • Kondisikan badan dan tangan sudah bersih sebelum memberikan perawatan luka pada pasien. Setelah itu, jangan lupa sediakan seluruh peralatan yang dibutuhkan dan pastikan seluruh peralatan tersebut ada dalam keadaan bersih dan steril. Nah, karena luka yang disebabkan oleh kanker biasanya akan dibalut oleh pihak rumah sakit. Setelah sampai rumah dan ingin melakukan perawatan sendiri, usahakan untuk membuka balutan lama tersebut dengan menggunakan sarung tangan yang masih bersih. Hal ini untuk menjaganya tetap steril dan terhindar dari infeksi.
  • Setelah balutan tersebut sudah terbuka, bilas luka dengan menggunakan Nacl yang bisa di dapatkan dari rebusan daun jambu biji. Setelah itu, oleskan salep yang mengandung Metronidazol. Salep yang mengandung Metronidazol ini digunakan untuk mengurangi bau yang disebabkan oleh luka tersebut. Dan untuk menghindari resiko terjadinya pendarahan pada luka, gunakan balutan yang sudah modern yang juga memiliki kandungan Calcium Alginate.
  • Setelah pengolesan salep tersebut selesai, jangan lupa untuk menggunakan kassa atau pembalut luka yang baru. Hal ini dilakukan, karena biasanya luka yang disebabkan oleh kanker akan mengeluarkan cairan yang cukup banyak. setelah itu, tutup rapat kembali luka dengan menggunakan plester dengan tujuan supaya tidak terjadi infeksi yang disebabkan dari luar. Dan ingat, ganti balutan 3 kali sehari atau pada waktu cairan sudah tembus pada balutan paling luar.

Nah, di atas adalah beberapa tips perawatan luka kanker di rumah yang bisa dilakukan secara mandiri. Namun sekalipun terlihat cukup mudah, tetapi sebenarnya hal tersebut sulit untuk dilakukan. Maka dari itu, jika ada salah satu anggota keluarga yang memang memiliki luka yang disebabkan oleh kanker, alangkah lebih baik untuk mengambil perawat dari rumah sakit atau klinik untuk datang ke rumah. Dan pilihan perawat terbaik bisa di dapatkan di Aido. Di Aido semua perawat dan dokter telah mengantongi STR. Alat-alat kesehatannya pun terbilang sangat lengkap. Dan yang paling penting, harganya juga tidak terlalu mahal.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer

Sliding Sidebar