Penanganan Luka Pertama Kali Pada Tubuh

0 views

Penanganan Luka Pertama Kali Pada Tubuh

Pertolongan pertama pada luka kecil atau cedera merupakan sebuah hal yang penting untuk kita lakukan. Mengapa demikian? karena luka kecil atau cedera dapat terjadi setiap saat dimanapun kita berada. Sehingga penting kiranya sedini mungkin untuk mengetahui penanganan terbaik terhadap luka tersebut. Penanganan ini dapat dilakukan menggunakan alat maupun obat yang tersedia, baik di rumah atau di berbagai tempat lainnya. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengurangi resiko yang lebih besar, yakni sebelum kita mendapatkan pertolongan lebih serius secara medis.

Salah satunya dapat dilakukan mengunakan alat dan obat yang tersedia dalam kotak P3K. Setidaknya setiap rumah memiliki perlengkapan tersebut, supaya dapat digunakan pada saat diperlukan penangan yang segera. Setidaknya kita harus memiliki persediaan plester roll ataupun yang praktis dalam berbagai ukuran, kemudian perban atau kain kasa. Lalu yang terakhir, jika pun ada kita harus memiliki sarung tangan dari bahan Latex, supaya terhindar dari resiko tertular penyakit ketika melakukan penanganan dini.

Pertolongan Pertama Pada Luka

Terkadang kita mengalami luka lecet, seperti luka yang diakibatkan karena terjatuh atau terbentur pada sebuah obyek. Luka lecet biasanya terjadi karena diakibatkan pergesekan kulit pada permukaan yang lebih keras dengan tekanan yang cukup kuat. Hal pertama yang dirasakan akibat luka adalah munculnya rasa perih dan mengeluarkan darah akibat cedera yang ditimbulkan setelah luka itu terjadi pada kulit. Yang dapat kita lakukan adalah segera gunakan sarung tangan berbahan Latex. Kemudian cuci luka tersebut dengan menggunakan air yang mengalir.

Setelah luka selesai dicuci dengan air bersih, maka keringkan luka tersebut menggunakan kapas atau kain yang bersih. Akan timbul sensasi perih pada luka akibat luka tersebut terkontaminasi dengan cairan, juga lapisan kulit yang terbuka membuat darah keluar dengan intensitas tertentu. Kemudian selanjutnya gunakan perban yang direkat menggunakan plester atau langsung mengunakan plester praktis yang ukurannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Merawat luka lecet dengan penanganan yang sesuai akan membuat luka tersebut mudah untuk sembuh dan kembali pada fungsi yang seharusnya. Sehingga kita bisa kembali beraktifitas pada kegiatan sehari-hari tanpa rasa khawatir.  Rawat luka dan kembali beraktifitas segera!

Gallery for Penanganan Luka Pertama Kali Pada Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.