Pahami 4 Langkah Ini Sebelum Pasang AC

Pahami 4 Langkah Ini Sebelum Pasang AC

Kita hidup di negara yang mempunyai iklim tropis, di mana saat memasuki musim kemarau maka udara panas akan menyelimuti ruangan dan mengakibatkan suasana jadi tidak nyaman. Untungnya, cuaca panas tersebut dapat diatasi jika kamu memasang AC atau air conditioner. Tak bisa dimungkiri, saat ini penggunaan AC telah menjadi kebutuhan sekunder bagi banyak orang, entah itu untuk di kamar tidur, rumah, ruang kantor, hingga apartemen. Meski terkadang penggunaan AC tersebut memakan daya listrik yang cukup besar, tetapi manfaat AC juga sangat besar untuk sebagian besar orang.

4 langkah yang harus diperhatikan sebelum memasang AC

Hal yang harus diperhatikan sebelum memasang AC

Nah, bagi kamu yang ingin pasang AC, sebaiknya jangan sembarang pasang. Sebab, ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum memasangnya. Sebelum pasang AC, beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Cek daya dan instalasi listrik

Seperti yang kita ketahui, daya listrik yang dibutuhkan untuk AC tergolong cukup tinggi. Oleh karena itu, pastikan daya listrik di rumahmu sudah cukup memadai. Di sisi lain, cek juga apakah instalasi listriknya harus diperbaiki terlebih dahulu atau tidak. Jika usia instalasi listrik dirumahmu telah mencapai lebih dari 10 tahun, ada baiknya untuk menghubungi petugas PLN terlebih dahulu dan meminta mereka untuk melakukan pengecekan.

2. Cermati besaran PK dari AC yang hendak dibeli

PK adalah satuan kapasitas dari AC. Pastikan, besaran PK yang kamu pilih sudah sesuai dengan luas ruangan yang hendak kamu pasangi AC. Pada umumnya, AC mempunyai PK dalam ukuran ½, ¾, 1, hingga 2. Semakin besar PK yang kamu pilih, maka semakin cepat pula AC tersebut mendinginkan ruangan. Namun tentu, kamu membutuhkan daya listrik yang juga jauh lebih besar. Itulah mengapa, kamu perlu menyesuaikan PK AC dengan luas ruangan dan daya listrik yang kamu gunakan.

3. Pahami spare part AC

Mungkin, hal ini tidak terlalu penting bagimu. Akan tetapi, memahami spare part AC sebelum membelinya jadi salah satu hal yang cukup penting. Hal ini akan memudahkanmu saat menyervisnya nanti. Beberapa spare part AC seperti kompresor, pipa evaporator, freon, dan lain-lain memegang peranan yang sangat penting dalam kinerja AC.

Nah, saat mengetahui semuanya itu, kamu jadi paham saat hendak menyervisnya nanti. Tinggal datangi toko spare part AC terdekat, lalu keluhkan apa saja masalah yang dialami AC-mu saat hendak diservis.

4. Pilih merk AC yang terpercaya

Saat ini ada banyak sekali merk AC yang bisa kamu pilih. Namun sebagai rekomendasi, kamu bisa memilih AC dari Daikin Indonesia. Daikin menyediakan beragam tipe AC, baik itu standar maupun inverter dan telah puluhan tahun melayani kebutuhan para pelanggannya di Indonesia. Segera hubungi dealer resmi Daikin terdekat di kotamu untuk proses instalasi dan pemasangan AC.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer

Sliding Sidebar