Kaya Khasiat, Inilah 8 Manfaat Telur Bebek yang Perlu Diketahui!

Manfaat Telur Bebek Bagi Kesehatan

Telur bebek mempunyai karakteristik yang berbeda dari telur ayam. Dari segi ukuran telur bebek lebih besar daripada telur ayam. Begitu pun dengan kandungan nutrisinya, beberapa zat gizi pada telur bebek relatif lebih tinggi daripada pada telur ayam. Telur bebek bisa dikonsumsi secara langsung dalam keadaan mentah (umumnya digunakan sebagai campuran dalam jamu tradisional), atau bisa juga diolah terlebih dahulu. Berikut manfaat telur bebek bagi kesehatan.

8 Manfaat Telur Bebek bagi Kesehatan

Khasiat Telur Bebek

1. Menangkal Radikal Bebas

Telur bebek memiliki kandungan nutrisi alami yang berperan sebagai antioksidan. Tubuh membutuhkan antioksidan sebagai senjata untuk menangkal radikal bebas berbahaya yang hendak masuk kedalam tubuh. Radikal bebas ini dapat berpotensi menyebabkan kanker, sehingga dengan mengonsumsi telur bebek yang kaya akan antioksidan, secara tidak langsung Anda turut mencegah tubuh dari potensi terserang kanker.

2. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat lain telur bebek ialah untuk meningkatkan imunitas pada tubuh. Berdasarkan informasi gizi dari USDA, setiap butir telur bebek mempunyai kandungan Vitamin A sampai dengan 472 IU. Vitamin ini mempunyai fungsi yang salah satunya adalah untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan dalam tubuh. Dengan mengonsumsi setidaknya satu butir telur bebek dalam rentang waktu tertentu, Anda dapat menjaga imunitas secara alami.

3. Menjaga Kesehatan Tulang serta Gigi

Pada dasarnya setiap telur memiliki kandungan protein yang berguna untuk pembentukan gigi dan tulang. Selain itu, protein juga bermanfaat untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh yang rusak. Pada telur bebek, terdapat kandungan protein yang jauh lebih banyak dari pada telur ayam. Umumnya, pada setiap butir telur terkandung protein sebanyak 9 gram.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Karena mengandung Vitamin A yang cukup banyak, manfaat telur bebek juga bisa untuk menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu, vitamin ini juga berperan penting dalam pembentukan zat yang mampu meningkatkan kinerja mata. Pada sebutir telur bebek, Anda bisa mendapatkan manfaat alami bagi kesehatan organ penglihatan.

5. Melancarkan Pencernaan

Telur bebek ternyata juga mempunyai kandungan berupa Vitamin E yang bermanfaat dalam melancarkan pencernaan. Selain itu, Vitamin ini pun berperan dalam proses metabolisme. Apabila metabolisme berjalan normal, maka pencernaan pun akan lancar dan hasil metabolisme dapat disalurkan ke seluruh organ tubuh.

6. Menjaga Stabilitas Hormon Tubuh

Manfaat telur bebek yang paling dikenal banyak orang yakni menjaga stabilitas hormon di dalam tubuh. Khususnya bagi kalangan pria, mengonsumsi telur bebek yang masih mentah diyakini dapat meningkatkan vitalitas. Hal ini memang tidak sepenuhnya salah, karena telur bebek mengandung protein tinggi yang mampu memproduksi hormon dan enzim tertentu dalam tubuh.

7. Meningkatkan Kerja Otot

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, kalau banyak atlet olahraga yang mengonsumsi telur mentah sebelum melakukan latihan atau perlombaan. Telur bebek pun sebetulnya dapat dikonsumsi dengan cara demikian untuk meningkatkan kinerja otot.

Para atlet umumnya membutuhkan suplai energi yang cukup agar dapat menggunakan otot mereka secara optimal di gelangkang pertandingan. Maka salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan mengonsumsi telur bebek yang kaya akan protein.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Telur bebek ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Pada beberapa kasus penuaan dini, telur bebek bisa membantu peremajaan kulit sehingga tampak lebih segar. Hal ini dikarenakan kandung Vitamin B kompleks dalam telur bebek yang bermanfaat untuk menjaga kulit agar selalu tampak cantik dan sehat secara alami.

Nah, itulah manfaat telur bebek yang penting bagi kesehatan. Namun perlu Anda ketahui, bahwa telur bebek mempunyai kandungan kolesterol yang cukup tinggi, terutama ketika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Oleh karena itu, khusus bagi para penderita penyakit kolesterol, jangan sekali-kali mengonsumsi telur bebek kecuali atas persetujuan dari dokter atau pakar gizi yang cukup kompeten.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer

Sliding Sidebar