Inilah, 5 Manfaat Tersembunyi dari Meniran Hijau

Manfaat Meniran Hijau

Bicara soal meniran, hampir setiap kita rasanya pernah menjumpai tanaman yang satu ini. Yap, tanaman liar yang seringkali dianggap sebagai gulma ini dapat tumbuh subur dimana saja dengan kondisi tanah seperti apapun.

Bentuknya hampir mirip dengan daun petai cina alias melanding atau lamtoro. Dan biasanya, tamaman ini dimanfaatkan sebagai obat dengan cara direbus, dan diambil air rebusannya untuk diminum.

5 Manfaat Tersembunyi dari Meniran Hijau

Khasiat Meniran Hijau

Namun sayangnya, tak semua orang mengetahui manfaat tersembunyi dari meniran. Maka tak heran jika tanaman ini justru seringkali dicabut dan dibuang karena dianggap menganggu pertumbuhan tanaman utama yang kita tanam.

Lantas apa sajakah sebetulnya manfaat meniran hijau untuk kesehatan? Mari kita bahas satu-persatu

1. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Salah satu hal yang cukup mencengangkan dari meniran adalah karena tumbuhan liar yang satu ini ternyata mengandung Filantin (Phyllanthin), sebuah kandungan polifenol unik yang dapat melindungi organ hati kita dari beragam zat toksik yang cukup merusak. Senyawa ini mampu menormalkan produksi enzim pada organ hati dan melindungi sel-sel yang ada didalamnya dari kerusakan yang diakibatkan oleh stress oksidatif. Sebuah kondisi yang terjadi, karena ketidakseimbangan antioksidan yang ada didalam tubuh dengan radikal bebas yang hendak menyerang.

2. Menangkal Radikal Bebas

Meniran hijau diyakini kaya akan antioksidan. Sebuah molekul penting yang diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang berlebih didalam tubuh kita.

3. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Tahukah kamu, jika tanaman liar yang satu ini pun ternyata memiliki manfaat anti-diabetes? Yap, meniran hijau diyakini mampu mengendalikan kadar gula darah dengan cara mencegah penyerapan glukosa yang berlebih didalam tubuh kita.

4. Mengatasi Masalah Lambung

Buat kamu yang sering mengalami masalah lambung, cobalah untuk mengkonsumsi rebusan daun meniran hijau secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Hal ini, karena meniran hijau diyakini mampu melindungi dinding lambung serta mengurangi sekresi asam lambung.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal

Dalam dunia herbal, meniran seringkali dimanfaatkan sebagai ramuan alami untuk mencegah serta mengobati penyakit batu ginjal.

Selain kelima hal diatas, meniran hijau juga diyakini memiliki sifat anti-peradangan, anti-mikroba, anti-kanker serta anti-hepatotoksik. Hal ini karena kandungan polifenol yang cukup tinggi didalam meniran.

Nah, jika demikian banyak manfaat medis yang terkandung dalam daun meniran hijau. Pertanyaan selanjutnya adalah, amankah rebusan daun meniran hijau untuk di konsumsi oleh tubuh?

Bagi mayoritas orang, meniran hijau bisa dikatakan cukup aman untuk dikonsumsi. Namun bagi beberapa orang, bisa jadi akan ada efek samping yang dirasakan oleh tubuh. Seperti rasa tidak enak pada perut, diare hingga reaksi alergi. Maka jika salah satu hal diatas terjadi setelah kamu mengkonsumsi meniran hijau, kamu amat disarankan untuk segera menghentikan penggunaan ekstrak meniran hijau sebagai ramuan herbal.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer

Sliding Sidebar