Inilah, 10 Manfaat Kolang Kaling yang Perlu untuk Kamu Ketahui

Manfaat Kolang Kaling

Apa yang ada dibenakmu saat mendengar kata kolang kaling? Kolak? Es Buah? Manisan? Yap, semua hidangan tersebut akan terasa kurang lengkap tanpa kehadiran buah atap atau yang kerap kita kenal dengan sebutan kolang kaling. Rasanya yang segar, membuat kolang kaling kerap digunakan sebagai hidangan pencuci mulut alias dessert.

Kolang kaling sendiri, sebetulnya merupakan biji pohon aren yang diolah dengan cara di rebus, dan baru kemudian direndam dalam larutan kapur selama beberapa hari hingga mendapatkan tekstur kenyal. Kolang kaling yang berasal dari buah aren yang sudah tua biasanya akan memiliki tekstur yang lebih keras, sedangkan kolang kaling yang berasal dari buah aren yang masih muda, biasanya akan terasa lebih lunak saat di gigit.

10 Manfaat Utama Kolang Kaling

Khasiat Kolang Kaling

Namun tahukah kamu? kalau selain enak dan segar untuk di konsumsi, kolang kaling pun ternyata menyimpan beragam manfaat medis yang baik bagi tubuh kita. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia, buah ini kerap kali di nobatkan sebagai sumber pangan baru karena kandungan gizinya yang cukup tinggi.

Penasaran, apa saja manfaat kolang kaling bagi tubuh kita? Mari kita bahas satu-persatu.

1. Melancarkan pencernaan

Pernah sulit BAB alias buang air besar? Jika pernah, jangan terburu-buru meminum obat sembelit atau memeriksakannya ke dokter. Karena kondisi ini umumnya terjadi ketika tubuh kekurangan serat. Maka cara terbaik untuk mengatasinya, sebetulnya adalah dengan mengkonsumsi makanan berserat.

Dan kabar baiknya, kolang kaling yang bertekstur lunak sebetulnya merupakan salah satu sumber serat terbaik bagi tubuh. Maka jika suatu saat kamu mengalami hal ini lagi, cobalah untuk mengkonsumsi kolang kaling. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan air gula maupun sirup, jika enggan untuk memakannya begitu saja.

2. Mengurangi resiko penyakit serius, seperti kolesterol dan kanker usus

Karena kandungan seratnya itu pulalah, kolang kaling diyakini mampu mengurangi resiko kanker usus, maupun menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh seseorang. Bahkan beberapa ahli medis berpendapat kalau buah yang satu ini pun kemungkinan besar mampu menghindarkan kita dari resiko obesitas.

3. Menguatkan tulang & gigi

Tahukah kamu ~ kalau selain didaulat sebagai salah satu sumber pangan baru, kolang kaling pun ternyata dapat dikonsumsi sebagai pengganti susu? Yap, kandungan kalsium yang amat tinggi, menjadikan kolang kaling amat baik bagi kesehatan tulang dan gigi kita.

Kandungan kalsium dalam kolang kaling, bahkan diyakini lebih tinggi dari pada kandungan kalsium yang ada pada susu sapi. Dalam 100 gr kolang kaling terdapat 125 mg kalsium. Jumlah yang jauh lebih besar dari pada kandungan kalsium yang terdapat pada susu sapi. Karena /100 gr susu sapi kita hanya akan mendapati 91 mg kandungan kalsium.

4. Dapat menjadi santapan saat diet

Salah satu sebab, mengapa kolang kaling didaulat menjadi salah satu sumber pangan baru adalah karena kandungan gizinya yang lengkap. Dalam 100gr kolang kaling, kita tidak hanya akan mendapati 125mg kalsium, melainkan juga 4 hingga 6 gr karbohidrat, 0,4 hingga 0,69 gr protein, 0,95 hingga 1,6 gr serat, 243 mg fosfor, 0,5 mg zat besi, 0,2 gr lemak, 1 gr kadar abu, 27 kkal kalori, serta 94% kadar air. Sebuah komposisi gizi lengkap yang dapat kamu manfaatkan sebagai salah satu kudapan saat sedang diet.

5. Mengatasi gejala rematik

Sering mengalami nyeri sendi atau otot alias rematik? Jangan buru-buru pergi ke toko obat. Karena sebetulnya, gejala rematik dapat diatasi dengan kolang kaling. Yap, senyawa galaktomanan yang terdapat dalam kolang kaling diyakini mampu menjadi analgesik alami untuk mengatasi rasa nyeri dan peradangan yang dialami oleh penderita rematik.

6. Menutrisi kulit

Siapa sangka jika buah yang satu ini pun ternyata kaya akan Vitamin B yang baik untuk menutrisi kulit. Yap, rajin mengkonsumsi kolang kaling tak hanya akan membantumu menutrusi kulit namun juga menjadikannya lebih glowing.

7.  Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada kolang kolang bertektur keras, secara tidak langsung mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita serta menangkal radikal bebas.

8. Mengatasi rasa gatal

Sanitasi yang buruk ditambah pola konsumsi yang tidak sehat, seringkali membuat seseorang mengalami gatal-gatal pada bagian tubuhnya. Jika sudah begini, opsi terbaik yang biasanya akan dipilih oleh banyak orang ada dengan mengkonsumsi obat gatal atau memeriksakannya ke dokter.

Namun tahukah kamu, kalau getah kolang kaling pun ternyata mampu mengatasi rasa gatal? Caranya adalah dengan mengoleskannya dibagian tubuh yang gatal.

9. Menjaga ke-stabilan gula darah

Para penderita diabetes pasti sudah tidak asing lagi dengan indeks glikemik alias tabel pangan. Pad indeks glikemik suatu jenis pangan di urutkan berdasarkan efeknya terhadap kadar gula darah. Semakin tinggi angka yang terdapat pada indeks glikemik, semakin besar pula pengaruhnya pada kenaikan kadar gula darah. Dan sebaliknya, semakin rendah angka yang terdapat pada indeks glikemik, maka semakin rendah pula pengaruhnya pada kenaikan kadar gula darah.

Kolang kaling sendiri, diyakini cukup aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes, karena indeks glikemik-nya yang cukup rendah.

10. Mengatasi iritasi akibat sinar matahari

Cuaca yang terik, seringkali membuat mereka yang memiliki kulit sensitif mengalami iritasi. Namun tahukah kamu, kalau kolang kaling pun ternyata dapat digunakan sebagai tabir surya alami? Yap, cukup oleskan kolang kaling ke bagian tubuh yang paling sering terpapar sinar matahari langsung, dan rasakan perbedaannya.

Nah, itulah 10 Manfaat Kolang Kaling yang perlu untuk kamu ketahui.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer

Sliding Sidebar