Ini Dia 6 Faktor Terbesar Penyebab Penyakit Asam Urat Selain Makanan

0 views

Penyebab Penyakit Asam Urat

Purin merupakan sebuah senyawa yang sebenarnya sudah diproduksi oleh tubuh, namun juga bisa didapatkan dari konsumsi bahan-bahan makanan tertentu, seperti diantaranya adalah makanan laut, jeroan dan juga sayuran hijau yang kaya akan kandungan purin di dalamnya. Senyawa yang satu ini memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun jika jumlah yang dikonsumsi berlebihan nyatanya juga tidak aman, karena bisa memicu penyakit yaitu asam urat. Penyakit yang banyak diidentikkan dengan orang dewasa, padahal sebenarnya siapapun bisa terkena asam urat tanpa memandang usia.

Asam urat ini terjadi ketika kelebihan zat purin di dalam tubuh membentuk senyawa asam urat yang mengendap di bagian persendian, lama kelamaan nantinya membentuk endapan kristal hingga menekan bagian jaringan halus dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Bahkan beberapa diantaranya ketika sudah mengalami kondisi yang kronis akan sangat kesulitan untuk berjalan. Lalu sebenarnya apa faktor yang bisa memicu penyakit ini? berikut yang patut diketahui, yaitu:

  1. Riwayat kesehatan keluarga, genetik nyatanya memang memiliki peran yang sangat tinggi terhadap penyakit yang menyerang tubuh, seperti misalnya mereka yang memiliki keluarga yang terserang asam urat, maka ada kemungkinan besar juga memiliki faktor resiko yang besar untuk terserang masalah kesehatan yang sama. Jadi harus memulai langkah untuk pencegahan.
  2. Usia dan jenis kelamin, jenis kelamin yang paling rentan mengalami penyakit ini memang pria dibandingkan dengan wanita, begitu juga untuk usia, semakin bertambahnya usia kemampuan tubuh juga kian berkurang, sehingga resiko terjangkit penyakit asam urat ini juga menjadi kian tinggi, dibandingkan dengan yang masih muda.
  3. Memiliki riwayat kesehatan dengan beberapa penyakit tertentu, mereka yang pernah terkena penyakit kencing manis atau diabetes melitus, gangguan fungsi ginjal, tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung, nyatanya juga beresiko sangat tinggi untuk terkena penyakit asam urat ini.
  4. Obesitas, memiliki berat badan berlebih dengan indeks massa tubuh lebih dari 25 kg per m nantinya akan membuat seseorang lebih rentan untuk terkena gejala asam urat.
  5. Konsumsi beberapa jenis obat-obatan tertentu, khususnya dalam jangka waktu panjang atau ketergantungan layaknya aspirin, kemudian obat diuretic, obat yang didapatkan dari kemoterapi hingga beberapa jenis obat yang memberikan efek kekebalan tubuh menjadi turun.
  6. Kurang minum atau sering kali mengalami dehidrasi, padahal sebenarnya manfaat air ini begitu penting bagi tubuh, diantaranya adalah berguna dalam mengeluarkan zat atau senyawa asam urat ini dari tubuh dalam bentuk air seni atau dibuang lewat kotoran.

Bisa jadi Anda juga termasuk salah satu yang memiliki faktor resiko besar untuk terkena asam urat, sehingga patut untuk diwaspadai. Segera lakukan pengobatan setelah dirasakan gejalanya.

Gallery for Ini Dia 6 Faktor Terbesar Penyebab Penyakit Asam Urat Selain Makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.