Ingin Berlibur ke Kawah Putih Ciwidey? Jangan Lupa Untuk Mampir ke Situ Patenggang

Situ Patenggang Ciwidey

Kawasan Bandung Selatan memang terkenal sebagai surganya wisata alam. Tak hanya kawah putih dan ranca upas saja. Karena dikawasan ini, kamu bisa menemukan beragam tempat wisata lain. Salah satunya adalah situ patenggang.

Yap…  beberapa waktu terakhir, situ patenggang menjadi salah satu spot wisata yang cukup nge-hits dikalangan muda mudi Bandung. Terutama diantara mereka yang masih betah men-jomblo.

Ada yang tau kenapa?

Bener nih nggak tau?

Jadi gini, menurut mitos yang beredar di masyarakat. Para etnis jones jomblo yang berlibur ke tempat ini dipercaya akan segera menemukan seorang kekasih atau pujaan hati. Hal ini sedikit banyak me-refer pada sebuah legenda yang berkembang di masyarakat.

Pulau Asmara, Situ Patenggang

Konon, ada sepasang kekasih yang terpisah cukup lama dan saling mencari satu sama lain. Mereka ialah Raden Santang dan Dewi Rengganis. Singkat cerita, karena keteguhan hatinya masing-masing. Mereka pun akhirnya dapat bertemu kembali di suatu tempat yang saat ini dikenal sebagai “Batu Cinta”. Nah, saat bertemu inilah Dewi Rengganis mengajukan sebuah permintaan kepada Raden Santang. Yakni untuk dibuatkan sebuah perahu yang dapat mereka gunakan untuk berlayar bersama. Perahu itulah yang saat ini dipercaya menjelma menjadi sebuah pulau berbentuk hati yang dikenal masyarakat sekitar sebagai Pulau Asmara (Dikenal juga sebagai Pulau Sasaka).

Itulah mengapa, akhirnya muncul sebuah mitos lain yang menyebutkan bahwa setiap pasangan muda-mudi yang mengunjungi Batu Cinta dan kemudian berkeliling ke Pulau Asmara akan memiliki hubungan yang cukup langgeng.

Mitosnya sih gitu. Urusan mau percaya atau nggak terserah kalian masing-masing hehe…

Situ Patenggang, Bandung Selatan

Oiya, situ patenggang sendiri berlokasi Jalan Ciwidey, Kecamatan Rancabali, Bandung Selatan. Letaknya berdekatan dengan perkebunan teh ciwalini. Atau sekitar 5km dari tempat wisata kawah putih Bandung. So, buat kalian yang mungkin sedang berwisata ke kawah putih, atau dalam waktu dekat berencana untuk pergi kesana. Jangan sampai lupa untuk mampir ke situ patenggang.

Cukup arahkan kendaraanmu ke daerah Ciwidey. Atau jika ingin menggunakan transportasi umum, sesampainya di Bandung, kamu bisa menaiki kendaraan umum Jurusan Terminal Ciwidey dari Terminal Leuwi Panjang. Sesampainya di Terminal Ciwidey, kamu bisa menaiki angkot jurusan situ patenggang.

Lantas hal-hal apa sajakah yang bisa kita lakukan di situ patenggang?

Buanyaakkk… beberapa hal seru yang bisa kamu lakukan antara lain, adalah; mengunjungi Batu Cinta, mengitari Pulau Asmara, menikmati panorama kebun teh, bermain sepeda air, menyewa perahu untuk keliling danau, memancing, hingga piknik di sekitar danau.

Gimana? Seru kan? Asiknya lagi nih, layaknya tempat wisata lain pada umumnya. Pihak pengelola situ patenggang juga telah menyediakan beragam fasilitas umum yang bisa dinikmati oleh para wisatawan, seperti: Toilet dan Mushola.

So, tunggu apalagi? segera atur jadwal liburanmu, dan jangan lupa untuk memasukkan nama situ patenggang kedalam daftar tujuanmu. And again, jangan lupa untuk terus menerapkan protokol kesehatan 3M dimanapun kamu berada.

Happy Holiday….

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer

Sliding Sidebar