Apa Itu Mindfulness? Bagaimana Cara Menerapkannya? Dan Apa Manfaatnya?

Apa Itu Mindfulness

Sebagian dari kamu mungkin pernah mendengar istilah mindfulness. Atau ada yang bahkan pernah coba mempratekkannya sendiri. Namun apa sebetulnya mindfulness itu? dan apa manfaatnya bagi diri kita? Sejatinya, mindfulness merupakan sebuah teknik meditasi yang bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Bedanya, jika teknik meditasi lain dilakukan untuk men-distract atau mengalihkan pikiran, mindfulness justru dilakukan supaya kamu bisa lebih fokus menghadapi stress yang tengah kamu rasakan.

Cara Menerapkan Mindfulness

Belakangan, banyak orang mulai mempelajari teknik meditasi ini untuk menenangkan pikiran. Namun bagaimana sebetulnya cara yang tepat untuk menerapkan mindfulness? Layaknya teknik meditasi lain, kamu bisa mulai menerapkan mindfulness dengan terlebih dahulu mencari posisi duduk yang betul-betul nyaman. Kalau sudah, kamu bisa mulai mengatur napas mengikut irama detak jantung. Lalu cobalah untuk betul-betul menghayati setiap tarikan dan hembusan napasmu. Hingga kamu dapat betul-betul fokus pada emosi yang tengah kamu rasakan. Ingat-ingat lagi mengapa emosi itu tiba-tiba muncul? lalu mulailah berdamai dengan emosi tersebut. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa menghadapinya dengan lebih tenang.

Lantas kapan sebetulnya waktu yang tepat untuk menerapkan mindfulness? Sejatinya, kamu bisa melakukan teknik meditasi mindfulness kapan saja, bahkan ketika makan ataupun menyetir mobil. Saat makan misalnya, menerapkan mindfulness akan memberikanmu pengalaman makan yang jauh lebih menyenangkan. Kamu bisa mengunyah dan menelannya secara perlahan. Sembari fokus pada berapa banyak yang perlu kamu konsumsi? serta mengapa kamu membutuhkannya? Atau ketika tengah mengemudi, kamu bisa melakukan mindfulness saat tensi darahmu terasa mulai naik karena antrean panjang kemacetan yang harus kamu lalui. Mindfulness dapat membuatmu lebih tenang saat tengah mengemudi.

Manfaat Mindfulness

Dengan rutin melakukan mindfulness, ada beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan, seperti:

1. Mengurangi stress berlebih

Mindfulness sendiri memang diyakini mampu mengurangi gangguan psikologi, seperti stress atau rasa cemas yang berlebih. Karena saat seseorang memutuskan untuk melakukan mindfulness, artinya ia tengah berusaha menghadapi stress atau rasa cemasnya dengan cara pandang yang positif.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Bagi kamu yang sering minder atau kurang percaya diri. Mindfulness dapat membantumu untuk lebih mencitai diri sendiri. Yap, kamu bisa mulai menerima dan mencintai dirimu apa adanya. Bahkan menerima setiap kekurangan yang selama ini kamu sembunyikan dari orang lain.

3. Meningkatkan kualitas dalam sebuah hubungan

Mindfulness juga diyakini mampu meningkatkan kualitas hubunganmu dengan pasangan. Dengan menerapkan mindfulness kamu bisa menghindari konflik dalam sebuah hubungan dengan mulai mengkomunikasikannya secara sehat.

4. Mengusir rasa sepi

Buat kamu yang sering merasa kesepian. Teknik mindfulness juga dapat membantumu untuk lebih bersyukur dalam memaknai hidup.

5. Mencegah gangguan kognitif

Pada lansia, mindfulness juga diyakini mampu mencegah gangguan kognitif seperti demensia.

6. Merangsang kreativitas

Saat tengah menerapkan mindfulness, tak jarang ada banyak ide yang tiba-tiba muncul begitu saja. Itu artinya, mindfulness juga berguna untuk merangsang kreativitas.

7. Mengurangi rasa sakit

Bagi mereka yang tengah berjuang melawan rasa sakit. Menerapkan mindfulness dapat membantu meredakan hal ini. Bahkan hingga hampir setengahnya.

8. Meningkatkan mood atau suasana hati

Seperti yang telah kita bahas diawal tadi, mindfulness dapat membantumu untuk tetap tenang dalam menghadapi setiap emosi yang tengah kamu alami. Dimana ketenangan inilah yang secara tidak langsung dapat turut meningkatkan suasana hati atau mood yang sempat jelek.

Nah, itulah 8 manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan rutin menerapkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari.

Advertisement

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer

Sliding Sidebar