7 Manfaat Kacang Tolo Bagi Kesehatan

Manfaat Kacang Tolo

Bagi masyarakat ibukota, nama kacang tolo mungkin tidak sepopuler kacang merah ataupun kacang tanah. Namun bagi masyarakat Jawa tengah, Jogja maupun Jawa Timur, penggunaan kacang tolo dalam berbagai olahan masakan bukanlah sesuatu hal yang baru. Sebut saja penggunaan kacang tolo dalam olahan sambal goreng, oblok-oblok, lentho hingga sayur krecek.

Manfaat Kacang Tolo

Manfaat Cowpea

Tak hanya lezat, jenis kacang-kacangan yang bernama latin Vigna unguiculata ini pun, diyakini menyimpan beragam manfaat medis yang baik bagi kesehatan. Apa sajakah itu? mari kita bahas satu-persatu

1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti halnya kacang merah, kacang tolo pun diyakini mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang seringkali menjadi biang keladi munculnya penyakit jantung. Yap, mengkonsumsi kacang tolo secara teratur diyakini mampu menjaga kinerja organ jantung agar tetap optimal.

2. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Layaknya kentang, kacang tolo pun tergolong makanan rendah kalori yang baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

3. Baik untuk Menu Diet

Nah, buat kamu yang sedang mencari makanan rendah kalori untuk menjadi menu dietmu hari ini. Kacang tolo bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Yap, selain rendah kalori, kandungan protein dan serat larut yang terdapat dalam kacang tolo mampu mengurangi kadar ghrelin. Yakni sebuah hormon yang bekerja didalam tubuh kita untuk merangsang munculnya rasa lapar. Serta membuat kamu tetap merasa kenyang, bahkan di jam makan sekalipun. Tak heran jika kacang tolo, seringkali digunakan sebagai menu diet yang cukup efektif untuk menurunkan berat badan yang berlebih.

4. Menjaga Kesehatan Lambung

Serat larut yang terdapat dalam kacang tolo, tak hanya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan saja, namun juga mampu untuk mencegah beragam masalah pencernaan, seperti asam lambung maupun tukak lambung.

5. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang terdapat pada kacang tolo juga dipercaya cukup ampuh untuk melawan radikal bebas. Sebuah molekul yang sebisa mungkin harus kita hindari untuk mencegah terjadinya stres oksidatif, yang bisa memicu timbulnya beragam penyakit kronis seperti stroke dan kanker.

6. Membantu Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada kacang tolo amat bermanfaat untuk melawan efek anemia dan melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

7. Membantu Mengatasi Insomnia

Buat kamu yang sering mengalami Insomnia alias susah tidur, cobalah untuk mengkonsumsi kacang tolo sebelum tidur. Kandungan triptofan yang terdapat didalam kacang tolo, akan membuat tubuhmu merasa lebih rileks. Sehingga dapat tidur dengan lebih nyenyak dimalam hari, dan bangun dengan tubuh yang lebih segar dan suasana hati yang lebih baik di pagi hari.

Nah, itulah 7 manfaat kacang tolo bagi kesehatan. Kamu bisa menyantapnya sebagai salad, maupun mengolahnya menjadi snack atau cemilan tradisional semisal lentho.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer

Sliding Sidebar